Rabu, 14 Januari 2015

on Leave a Comment

Mari Mencoba dan Belajar J2ME


Apa itu J2ME

      Apa itu J2ME ? Java 2 Micro Edition. Library atau tool yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile, seperti pada PDA dan ponsel. J2ME adalah bagian dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada embedded system, dan handled yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE. Embedded system ini adalah produk-produk dengan komputer kecil di dalam_nya, dan mempunyai manfaat yang spesifik, dan mempunyai keterbatasan memory dan processor, misalnya televisi, radio, dan PDA.

       Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak, dimana untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudian namanya diubah ke Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak. Motivasi sesungguhnya dari Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa digunakan pada berbagai platform yang bisa dimasukkan ke dalam berbagai produk elektronik seperti pemanggang roti dan lemari es. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan JAVA sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet. Dengan keluarnya versi 1.2, platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi : The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile Edition(J2ME), dan JavaCard API.

Cara membuat Aplikasi J2ME
Kali ini saya akan membuat Aplikasi Memunculkan Gambar dan Suara, berikut Source Code beserta Pnejelasannya :

Tahap 1
Pembuatan Project Baru
Tahap ini akan dilewatkan saja, karena pasti sudah tahu bukan bagaimana cara membuat project baru ini, jadi langsung ke tahap 2. Jangan lupa nama project dan midclass nya samakan saja untuk mempermudahnya.


Tahap 2
Pembuatan Program
Tahap 2 ini adalah tahap yang sangat penting jadi perhatikanlah setiap program yang akan dibuat, karena pada pembuatan program ini akan di beritahu bagaimana cara menambahkan suara pada J2ME. Pada program ini suara yang digunakan berformat .wav disini saya menggunakan file suara bernama bear.wav, jangan lupa bear .wav dan image bernama bear.jpeg tersebut diletakkan di folder res pada project seperti halnya image yang akan digunakan diletakkan pula di folder tersebut. Untuk memanggil suara yang sudah dimasukkan pada folder res rubahlah suara.wav yang terdapat pada listing menjadi nama file suara yang diinginkan.
Silahkan memasukkan koding program di bawah ini : 



import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.media.*;
import javax.microedition.media.control.*;

public class Suara extends MIDlet implements PlayerListener, CommandListener {
private int i = 1;
private Display display;
private Form form;
private List list;
private Image backGround;
private static Player player;
private VolumeControl vc;
private final Command cmdOpen = new Command("Open",Command.SCREEN,1);
private final Command cmdExit = new Command("Exit",Command.EXIT,1);
private final Command cmdClose= new Command("Close",Command.BACK,1);
       
public Suara() {
display = Display.getDisplay(this);
list = new List(null, Choice.IMPLICIT);
tampilAwal();
}
public void startApp() {
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
if(player != null){
player.close();
}
}

public void commandAction(Command c, Displayable s) {
if(c == cmdOpen) {
switch (list.getSelectedIndex()) {
case 0:
Suara();
try {
playMedia("/bear.wav");
} catch (Exception e) {
e.printStackTrace();
}
break;
}
} else if (c == cmdExit) {
exitMIDlet();
} else if (c == cmdClose) {
tampilAwal();
i = 1;
if(player != null) {
player.close();
}
}
}

public void tampilAwal() {
list.setTitle("Suara");
list.deleteAll();
list.append("Suara", null);
list.addCommand(cmdOpen);
list.addCommand(cmdExit);
list.setCommandListener(this);
display.setCurrent(list);
}

public Form Suara() {
form = new Form("Suara");
try {
backGround = Image.createImage("/bear.jpeg");
} catch (java.io.IOException e) {
}
form.append(new ImageItem(null, backGround,ImageItem.LAYOUT_CENTER, null));
form.addCommand(cmdClose);
form.setCommandListener(this);
display.setCurrent(form);
return form;
}

private void playMedia(String file) throws Exception {
player = Manager.createPlayer(getClass().getResourceAsStream(file), "audio/x-wav");
player.addPlayerListener(this);
player.setLoopCount(-1);
player.prefetch();
player.realize();
vc = (VolumeControl)player.getControl("VolumeControl");
if (vc != null)
vc.setLevel(100);
player.start();
}
public void playerUpdate(Player player, String event, Object eventData) {
if(event.equals(PlayerListener.STARTED) &&
new Long(0L).equals((Long)eventData)) {
} else if(event.equals(PlayerListener.CLOSED)) {
}
}
public void exitMIDlet() {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}



Berikut tampilan SS ( Screen Shot ) nya :


ini adalah menu tampilan semua yang terdapat Project Biodata nah file yang kita akan tampilkan adalah Suara.









selanjutnya adalah file Suara yang telah kita Launch, akan tampil sebuah menu List yang sebelum kita buat :
public void tampilAwal() {
list.setTitle("Suara"); //adalah Title pada bagian atas kiri
list.deleteAll();
list.append("Suara", null); //adalah jumlah list yang dibuat dan diberi nama
list.addCommand(cmdOpen); //adalah perintah pada sebelah kiri bawah
list.addCommand(cmdExit);
list.setCommandListener(this);
display.setCurrent(list); }



apabila list Suara kita open, maka akan muncul gambar ini beserta suaranya. Gambar dapat kita resize dengan membuat setting resolusi menggunakan Photoshop, paint dan lain - lain.










Terima kasih, kalo ada saran yang lebih baik harap di comment ya :D
Tahap 1
Pembuatan Project Baru
Tahap ini akan dilewatkan saja, karena pasti sudah tahu bukan bagaimana cara membuat project baru ini, jadi langsung ke tahap 2. Jangan lupa nama project dan midclass na samakan saja untuk mempermudahnya…
Tahap 2
Pembuatan Program
Tahap 2 ini adalah tahap yang sangat penting jadi perhatikanlah setiap program yang akan dibuat, karena pada pembuatan program ini akan di beritahu bagaimana cara menambahkan suara pada J2ME. Pada program ini suara yang digunakan berformat .wav jangan lupa suara .wav tersebut diletakkan di folder res pada project seperti halnya image yang akan digunakan diletakkan pula di folder tersebut. Untuk memanggil suara yang sudah dimasukkan pada folder res rubahlah suara.wav yang terdapat pada listing menjadi nama file suara yang diinginkan.
Silahkan memasukkan koding program di bawah ini : - See more at: http://agungmahendra11.blogspot.com/2011/05/menambahkan-suara-dengan-bantuan-list.html#sthash.cgGPacvk.dpuf
Tahap 1
Pembuatan Project Baru
Tahap ini akan dilewatkan saja, karena pasti sudah tahu bukan bagaimana cara membuat project baru ini, jadi langsung ke tahap 2. Jangan lupa nama project dan midclass na samakan saja untuk mempermudahnya…
Tahap 2
Pembuatan Program
Tahap 2 ini adalah tahap yang sangat penting jadi perhatikanlah setiap program yang akan dibuat, karena pada pembuatan program ini akan di beritahu bagaimana cara menambahkan suara pada J2ME. Pada program ini suara yang digunakan berformat .wav jangan lupa suara .wav tersebut diletakkan di folder res pada project seperti halnya image yang akan digunakan diletakkan pula di folder tersebut. Untuk memanggil suara yang sudah dimasukkan pada folder res rubahlah suara.wav yang terdapat pada listing menjadi nama file suara yang diinginkan.
Silahkan memasukkan koding program di bawah ini : - See more at: http://agungmahendra11.blogspot.com/2011/05/menambahkan-suara-dengan-bantuan-list.html#sthash.cgGPacvk.dpuf






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.